Toxic Relationship





Gue gak tau sih harus mulai ini dari mana, dan gue juga gak punya banyak tau tentang teori “Toxic Relationship”. Cuma gue pernah beberapa kali dengerin podcast dan baca article tentang topik yang mau gue bahas ini. Sebenernya gue pengen ngebahas topik ini di podcast sih, bareng sama partner podcast gue yang belum tau siapa orangnya. Tapi kayanya dijadiin tulisan blog enak juga buat dibaca. Ya buat gue enak enak aja sih :p

Disclaimer dulu nih, tulisan ini gue angkat dari pengalaman gue sendiri dan menurut apa yang gue rasain dihubungan gue yang sebelumnya. Iya, sekarang hubungannya udah berakhir kok.
Apa ya.. mungkin satu kata yang bisa menggambarkan ini semua itu ya “capek”. Capek buat ngejalaninnya. Capek buat harus punya masalah dengan hal yang itu lagi itu lagi. Dan tambah capeknya itu saat lu udah tau capek tapi masih mau mempertahankan semuanya. Wah ilah tambah banget banget itu capeknya. Bodoh ya? Lah emang iya :D

Sebenernya gue sedih sih harus ngecap hubungan gue yang ini sebagai toxic relationship, karena ya gak semua isi hubungan ini beracun. Ada juga kok senengnya. Ada ketawa-ketawanya. Ada juga ngambek-ngambeknya yang malah bikin kita jadi lebih erat lagi hubungannya setelah per-ngambekan itu. Tapi over all emang banyak dramanya juga sih harus gue akuin. Dan gue yang banyak mulai dramanya. Ya namanya juga cewek. Ngambekan mulu emang.

Tapi gue juga gak mau sepenuhnya nyalahin diri gue dong. Karena nyatanya dia, kita sebut saja Parjo, juga ikut andil dalam “mengapa bisa terjadi drama ini” ya karena sikap dia juga.

Gue akuin kok kalo gue emang punya sifat egois. Tapi gue udah neken sifat egois gue banget buat gak muncul saat lagi bete sama dia. Tapi setelah gue cerita sama temen cewek gue yang lumayan ahli dalam bidang perbucinan, dia bilang kalo si parjo ini juga salah. Karena dia sebagai cowok gak bisa ngeredam emosi gue. Instead of ngeredam emosi gue, dia malah ikutan ngambek yang akhirnya kita berdua sama2 ngambek dan jadi makin keruh suasananya. Ini sih yang sering banget terjadi. Gue gak tau ya kalo dihubungan orang lain itu berantem besarnya karena apa, tapi kalo dihubungan ini berantem besar itu terjadi ya karena awalnya ngambek ngambekan kaya ini. Childish banget emang. Jadi gue disini sebagai cewek udah gak bisa tuh ngambek2 menye2 ke pasangan gitu. Ekspektasi bisa dialemin, bisa dimanja2 (jijik) tapi realitanya malah jadi berantem. Mulai dari sini aja gue udah ngerasa toxic. Karena sifat alami cewek yang suka menye2 ke pasangannya kalo lagi pengen diperhatiin itu udah gak bakal bisa terjadi dihubungan gue ini.

Gue juga ngerasa gak diprioritasin sama dia. Eh, ralat, bukan diprioritasin. Gini gini, kan level paling atas itu prioritas, level 2 nya sedeng-sedeng aja, nah level 3 nya tuh gue. Nah apa tuh namanya.. au gue juga gak tau ape namanye.

Gue emang gak pernah minta diprioritasin kok sama dia. Karena gue juga gak mau ngekang dia dan segala kesibukannya. Dulu diawal dia pernah ngomong “jangan bosen sama sibuknya aku ya”. Gue tanya kenapa? Karena dia bilang mantannya pernah bosen sama dia karena dia yang terlalu sibuk. Saat itu sih gue ngerasa mungkin mantannya aja yang lebay. Soalnya selama ini dia selalu ngabarin kok. Malah terlampau ngabarinnya dia, gue sempet bilang kalo gak ngabarin juga gak apa2 kok. Yang penting gue tau dia hari itu sibuknya ngapain aja, dimana, dan kelarnya/ gak sibuknya kapan. Tapi ternyata itu awal-awal doang gengssss. Setelah beberapa bulan berjalan, dia parah banget sibuknya dan cueknya. Sampe yang kayanya lebay banget gak mau diganggu sama chat gue kalo dia lagi ujian. Ya mungkin gue emang ganggu konsentrasi dia yang saat itu lagi butuh waktu buat ujian, tapi cara dia buat bilang “jangan ganggu” itu yang gue gak suka. Kayak ngajakin berantem. Dan ujung2nya emang gue jadi ngambek dan makin runyam. Pokoknya kita berdua itu kaya api. Dan gak ada yang jadi air.

Tapi itu belum seberapa. Sifat tercueknya ini malah gue rasain beberapa bulan lalu pas kita balikan. Iya kita sempet putus lama, terus balikan lagi tapi cuma sebulan. Ada momen dimana saat dia lagi sibuk2nya, dia ngabarin gue cuma sekali. Sekali dalam sehari. Sehari yang 24 jam. Gue ulang, 24 jam. Dia ngabarin gue pas mau tidur doang. Dia bilang udah sampe rumah, mau istirahat blablaba trus tidur. Yaudah gapapa gue maklumin. Mungkin emang dia capek. Tapi itu berlangsung selama 3 hari. Jadi di hari pertama dia bales chat gue misalnya pagi, trus bales lagi sore atau malem. Di hari ke dua, sama sekali gak ada kabar. Sampe di hari ke tiga, gue bilang kenapa kaya gini, jarang banget ngabarin bahkan sampe ganti hari. Ini posisinya kita balikan tapi lagi LDR. Dan udah sebulan gitu gak ketemu, again karena dia yang sibuk. Awalnya gue coba ngertiin, soalnya disini gue yang minta balikan. Jadi gue harus sabar juga sama sifatnya dia. Tapi makin lama kok ya makin gini? Gue bingung dong harus gimana lagi. Udah sering banget kaya gini. Dan gue udah sabar banget sama sifat cueknya. Tapi akhirnya, malem itu masalah ini kelar. Kita udah omongin baik2 juga buat solusinya. Gue becandain, dan kita jadi cair lagi. Chatan biasa lagi.

Gak sampe disitu aja. Masalah terdrama yang jauh lebih dari ini ada lagi. Dan itu terjadi malahan pas kita udah putus. Sebelum drama ini, ada juga drama2 lainnya yang disebabkan oleh ngambeknya gue. Iya emang salah gue kok. Disini juga bukan dia doang kok yang salah, fair to fair aja, gue juga punya salah. Tapi satu yang selalu gue rasa, kenapa ya ujung2nya selalu gue yang lebih ngalah? Selalu gue yang akhirnya berusaha buat balikin ini semua ke keadaan normal lagi. Iya sih, dia juga minta maaf. Dan dengan sekali aja dia minta maaf, dia udah bisa jadiin itu tameng kalo gue lagi ngebahas masalahnya kaya “kan aku udah minta maaf”. Pengen sih ngebalikin, lah kalo koruptor minta maaf terus bisa bebas gitu? Kan dia udah minta maaf. Mudah sekali ya fergusoooo.

Tapi gue gak complain sih kalo dia bilang minta maaf. Ya memang bener sih dia udah minta maaf. Tapi somehow jadi terlihat gak ikhlas saat dia ngebalikin gue dengan kata2 “kan aku udah minta maaf”. Emang bener ya.. gak akan ada manusia yang bener2 tulus banget minta maaf setulus Nabi Muhammad minta maaf sama manusia. Gue pun tidak.

Oiya masalah terdrama yang terbesar setelah kita putus itu dateng dari gue. Gak usah disebut lah apa dramanya. Tapi yang pasti itu salah gue. Kok masih ada drama? Kan udah putus? Iya kita masih suka chatan. Dan selalu gue yang ngehubungin dia lebih dulu. Iya mungkin emang gue gak tau malu. Karena satu yang gue yakin disini, kita berdua masih sama2 punya perasaan. Itu yang selalu buat gue mau buat pertahanin ini. Gapapa kok gue ngakuin kalo gue salah banget dan buat dia jadi kecewa banget di situasi ini. Sampe dia bilang dia udah gak mau lagi dan udah pengen stop dari semua ini. Dia juga bilang waktu itu mau ngeblok line gue. Satu2nya akses komunikasi gue sama dia. Karena instagram dan whatsapp gue udah diblok sama dia. Mungkin sekecewa itu dia sama gue. Dan berkali-kali juga gue minta maaf. Bukan cuma minta maaf, gue juga ngajak dia buat ketemu. Gue mau minta maaf langsung sama dia. Dan mungkin kalo saat itu gue ketemu sama dia, akan jadi pertemuan yang terakhir juga. Tapi.. berkali-kali gue minta maaf dan ngajak ketemu, berkali-kali juga dia nolak. Jujur sih gue sedih banget disini. Ngerasa bersalah banget. Gue takut aja gitu sakit hatinya orang sama kita, akan buat hidup kita jadi kenapa2 di kemudian hari. Dan gue juga gak mau jadi karma buruk yang nimpa gue nantinya. Karena gue pernah komen “lebay” ke postingan path temen gue (jadul amat ye path) dan itu komennya dari hati banget karena gue gedeg liat postingan bucin2nya dia setiap saat. Eh gak berapa lama, orangnya meninggal :( ya Allah merasa bersalah banget gue :( mana belom minta maaf lagi :(

Setelah drama ini kelar, kita masih suka chatan. Again, selalu gue yang mulai chat dia duluan. Gue bilang kangen dan segala macem, minta kesempatan juga buat bisa perbaikin ini semua. Tapi always, dia ngereject gue. Idk why, tapi gue ngerasa dia masih sayang sama gue. Gue pun. Karena dia selalu mau nanggepin chat dari gue meskipun bahasan kita selalu berputar disitu situ aja. Gue emang batu anaknya. Gue batu dalam segala hal yang gue pengenin. Gue persist dan insist banget. Gue selalu usaha dan coba buat ngelakuin apa2 yang mau gue dapetin. Meskipun nanti hasilnya nihil, ya itu gapapa, yang penting gue udah coba. Apalagi ini masalah perasaan, masalah hati. Yang mana gue gak bisa main2 kalo udah punya perasaan sama seseorang. Kita chatan udah 3 kali dengan interval. Jadi kaya gue chatan sama dia 3 hari, abis itu seminggu gak chatan, setelah itu chatan lagi. Kaya gitu terus dah pokoknya sampe black panter mukul bedug.

Kita jadi kaya chatan yang on-off gitu. Dan kalo gue itung2 sih kayanya udah 3 kali deh chatan on-off kaya gini. Which means udah 3 kali dong gue perjuangin ini. And as always, nihil.

Tapi sampe detik ini, kayanya gue nyerah deh. Gue gak akan balik buat merjuangin dia lagi. Udah semuanya gue perjuangin. Udah semua cara gue yakinin buat bisa balikin hubungan ini lagi. Karena fyi, dibalik cerita drama2 ini, sebenernya ada gue dan dia yang dulu pernah saling sesayang itu dan seserius itu. Dia pernah bilang dia pengen gue jadi yang terakhir buat dia. Dia juga cerita ke kakaknya dan bilang mau nabung buat bisa nikah sama gue. Waktu itu gue speechless sih pas denger dia ngomong gitu. Tapi lambat laun, gue juga ngerasa kalo dia kayanya bisa buat bimbing gue, ya terlepas dari semua sifat2 minusnya yang gue benci itu. Dia anak baik-baik dan gak macem-macem. Tapi yaudahlah… keadaan mengubah segala sesuatunya yang manis, jadi sehambar ini.

Ini disaat gue ngomong “yaudah lah” dan gak bisa terucap dari mulut gue, itu artinya emang beneran yaudah lah… gue bener2 nyerah. Kalo udah dititik ini ya kaga bakal batu lagi gue. Udah capek cuyy. Kata bondan prakoso kan “ya sudah lah..”

Hal tertoxic yang gue rasain dihubungan ini adalah kenapa kita selalu jadi api saat ada masalah dan gak pernah ada yang jadi air. Dan disaat gue nyoba buat jadi air, gue gak pernah berhasil ngeredam emosinya. Kaya kudu pake satu tanjakan satu turunan lagi baru kita bisa baikan. Ya meskipun ujung2nya emang baikan juga sih. Tapi kan capek kaya gini. Toxic banget. Harusnya dia cowok yang logikanya lebih gede bisa ngertiin cewek yang lebih emosional dong. Bukan malah gue yang ngalah terus :(. Apa karena logikanya kegedean kali ya jadi gak bisa ngertiin cewek? Eh :p Intinya disini bukan dia doang kok yang kecewa, gue pun.

Temen gue juga pernah bilang, "suatu saat pasti lo bisa kok hidup tanpa dia 99,9999999% karena lo ngerasa kalo buat ngehubungin dia lagi itu bukan suatu hal yang tepat, karena cerita2 lo udah bukan prioritas dia lagi, udah gak penting. Meskipun dia bilang dia sayang sama lo, udah lupain aja kata2nya. Karena mungkin actnya dia gak akan sesuai sama kata2nya. Sebenernya lu naro harapan karena dia bilang dia masih sayang blablabla, thats why lu mau merjuangin dia and make it better, tapi lu gak pernah bisa. Karena apa yang bakal lu dapet adalah sakit hati, actnya dia gak sesuai sama kata2nya, so let's be real, liat actnya bukan dengerin kalimatnya. At the end lu harus realistis, itu yang lu butuh, itu yang bakal bikin lu bahagia. Ketika orang bilang sayang sama lu dan actnya pun sesuai".
Mendengar penjelasan temen gue ini, gue ngerasa temen gue ini ada benernya juga. Ya memang seharusnya begitu sih sikap yang bener. Omongan sama kelakuan sesuai.


Huuhh...

Gue buktiin kalo gue mau mempertahankan hubungan ini pake perjuangan gue ke dia. Sedangkan dia, cuma pertahanin ini pake kata-kata. 
Jomplang banget kan?

Kayanya gue bakal istirahat dulu deh dari dunia perbucinan2 ini. Lagian gak bagus juga kalo cewek yang berjuang buat cowok. Kaya gak ada harga dirinya banget gitu seorang wanita diginiin.

Eh tapi kemarin malem gue ngeDM dia di instagram nanyain kapan wisudanya -_-. Gimana dah gue plinplan banget bocahnya :(.
Ya gapapa lah ya kalo sekedar nanya2 doang mah. Yang penting gue kan gak berusaha lagi.
Lagian gak salah juga sih, gue nanya tentang wisuda'annya, karena gue mau nebus utang gue aja karena waktu itu dia udah dateng ke wisuda gue. Gue gak enak lah.. masa dia udah dateng ke wisuda gue tapi gue gak dateng ke wisuda dia? tidak boleh jahat begitu dong. Eh.. tapi kalo dia gak mau gue dateng ke wisudanya juga gapapa sih.. it's okay. Gue juga jadi malu kalo ketemu lagi. Lah apa dah :p

Dari hubungan ini gue belajar. Kalo rasa sayang doang ternyata gak cukup buat mempertahankan suatu hubungan. Butuh komitmen. Butuh rasa empati, butuh rasa tanggung jawab untuk mempertahankan hubungan, dan yang lebih penting lagi butuh kepercayaan. Percaya akan hubungan itu sendiri bahwa hubungan itu akan berhasil seberat apapun cobaan yang datang.

Dan dari hubungan ini pula gue belajar, buat nyari orang yang sama-sama mau berjuang.

Eh ralat ralat, bukan mencari orang juga sih.. karena gue gak nyari juga. Ya maksudnya buat "nemuin" orang yang sama-sama mau berjuang. Buat nemuin orang yang sama-sama mau mempertahankan, yang sama-sama mau ngertiin, yang sama-sama mau sabar, yang sama-sama mau susah seneng bareng dalam hal sesulit apapun, yang sama-sama mau ngalemin pasangannya dan nenangin disaat salah satu pasangannya sedang merasa sedih atau butuh support dalam hidupnya.

Hubungan itu tentang 2 orang. Gak bisa cuma "Lo ngertiin gue dong, gue gak usah ngertiin lo" ya tidak bisa gitu dongggg malihhhhh. Hidup itu butuh take and give. Gak melulu kita give, tapi gak take take.

tek tek.

Dari semua perjuangan gue ini, untuk sekarang gue mau berenti. Kayanya dengan sendiri bikin diri gue lebih tenang sekarang ini. Gak banyak drama yang bikin gue pusing dan bikin gue tergantung sama dia.

Ya lagipula dia juga udah nge-declare dirinya kalo dia udah gak punya perasaan lagi ke gue. Dia udah nutup hatinya dan bahkan dia juga bilang sumpah demi Allah kalo dia udah gak sayang lagi sama gue. Sedih ya pasti. Tapi mau gimana lagi? masa perasaan orang kita paksain? kan gak mungkin dong.

Move on aje dah. Move on ke hati yang baru. Move on ke orang yang bener-bener mau nerima kita baik lebih maupun kurangnya. Sudahlah... gak usah berjuang lagi buat orang yang cuma menyia-nyiakan kita. Kita masih layak kok untuk dicinta dan mencintai orang yang sama-sama mau berjuang bangun suatu hubungan.

Makasih ya, udah nambahin goresan luka di hati :). Makasih juga udah bikin gue jadi benci bulan Juli. Bulan yang  selalu gue tunggu-tunggu setiap tahunnya. Sekarang jadi bulan yang paling gak pengen gue temuin lagi :')

Eh intermezzo dikit nih. Beberapa hari yang lalu, ada orang yang bisa ngebaca kepribadian orang gitu, kaya bapak2 gitu. Terus dia bilang ke ibu dan ayah gue, dia bilang kalo ujian gue itu adalah laki-laki. Gue yang ngedenger tuh orang ngomong langsung yang kaya "whatt??". Kalo kata anak jaksel, "i was like what??!!". Dan dia juga bilang gini nih ke ibu ayah gue, "ini kalo ada laki-laki yang menyia-nyiakan dia, ini laki-laki yang bodoh. Karena dia ini bisa membawa rumah tangga menjadi lalala yeyeye...." ya pokoknya kurang lebih gitu lah gue lupa keseluruhan omongannya. Gue speechless dong denger omongan si bapak itu. Dalam hati gue yang kaya "serius gue kaya gitu?" widiwww berasa raisa gue langsung pas denger gituh. Kaya seberharga itu gue? wkwk.

Ya sebenernya bukan cuma gue yang berharga, semua wanita itu berharga, dan mulia. Kalo lu nyakitin wanita, sama aja lu nyakitin ibu yang udah melahirkan lo dan ibu dari anak-anak lo nanti. Makanya jangan nyakitin perempuan heyyy warga wakandaaaa!! 
Kereta aja menghormati perempuan ampe dibikinin gerbong sendiri, lah cowok gak punya kan? wleee :p ya Allah retjeh bat emang.

- - - - - - -

Pada akhirnya gue ngerti, memang ada orang yang cuma singgah doang, bukan menetap selamanya. Kaya lagi nunggu di halte tuh, nunggu bus. Nah dia naek bus cuma sebentar doang. Entar dia turunnya dimana, nah itu tujuan sebenernya. Si bus ini cuma perantara aja buat nganterin orang itu ke tujuannya. Sama juga kaya jodoh. Meskipun gue sekarang udah capek dan gak mau berjuang lagi buat dia, tapi kalo ternyata dia jodoh gue ya mau dibilang apa.. gue gak bisa menolak takdir Allah dong. Tapi kalo gak sama dia pun, gue yakin akan ada seseorang yang jauh jauuhhh lebih baik dari dia. Dari segi apapun itu. Dan pastinya lebih bisa bikin gue bahagia selamanya . Aamiin :)

For now, gue sedang tidak mencari, gue hanya menunggu. Menunggu bis datang, mau ke sekolah. Apandah -_-
Semoga penantian gue bisa bener2 nganterin gue ke tujuan gue yang terakhir. Dan semoga tujuan terakhir gue itu lebih baik dari tempat manapun. Amiin :)


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw, itu kaktus hadiah wisuda dari dia. Katanya sih biar gue bisa inget terus sama dia. Eh, lately i know, dia ngasih itu juga ke temen ceweknya yg wisuda. Ye bangsyul emang cowok.

Comments